BPBD Sumenep Dapat Alat Canggih Deteksi Gempa, Ini Fungsinya

SUMENEP, kwknews.id – BPBD Kabupaten Sumenep kedatangan Alat pendeteksi gempa yang dapat memberi informasi dini akan kejadian gempa dan sunami.

Alat yang berupa layar besar, dapat menampilkan titik kejadian gempa dan potensinya serta dapat juga memberikan sinyal alarm apabila disatu daerah terjadi gempa.

Kalaksa BPBD Wahyu Kurniawan mengajak wartawan kwknews.id untuk melihat alat monitor gempah dikantornya kamis, (30/06/2022).

Wahyu menjelaskan fungsi dan kegunaan dari alat tersebut, dimana apabila ada kejadian gempa alat ini akan memberi sinyal dengan bunyi alarm,  semakin dekat kejadian gempa dengan Kabupaten Sumenep alarm semakin keras berbunyi.

Alat ini, juga dapat mengirim SMS kepada nomor yang terdaftar di monitor begitu ada kejadian gempa di Sumenep. Secara otomatis alat ini mengirimkan kejadian dan lokasi gempa, sehingga petugas di BPBD dapat langsung bersiaga dan bertindak. Alat ini juga dilengkapi dengan fitur – fitur situasi cuaca.

Kecanggian alat monitor tersebut,  tersambung ke BMKG pusat. Jika di Sumenep lampu mati, maka hanya dengan hitungan detik petugas di pusat akan menelpon dan bertanya mengapa lampu di Sumenep mati. Jadi, alat ini harus menyala setiap hari.

Wahyu juga menjelakan, untuk mengoprasikan monitor ini tidak semua orang bisa. Kami sangat hati – hati supaya monitor ini tetap dapat berhubungan dengat pusat.

 

Penulis : Nis     Editor : Desta

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *