Diduga Menyalahgunakan BOS PLT Kepala Sekolah SDN Kalisangka 2 Mamburet Membantah


SUMENEP, kwknews.co.id- Terkait tuduhan penyalahgunaan dana BOS , di salah satu sekolah Kecamatan Arjasa. PLT Kepala Sekolah H.Fatah membantah dengan tegas.

“itu tidak benar itu. Saya hanya melanjutkan kebijakan Kepsek sebelum nya,saya lihat itu tdk melanggar penggunaan Dana Bos. Saya jadi PLT di Kalisangka 2 batu 1 tahun 4 bulan dg 4x penerimaan Bos reguler. dan sudah dialokasikan semua seperti beli laptop & Printer, mengangkat 4 Guru pribumi Mamburet sehingga masuknya normal walau kondisi kepulauan.

Menurut penelusuran media ini di web, BOS itu ada tiga, kinerja, afirmasi dan reguler yang untuk bantuan siswa ini masuk katagori reguler. Besaran bantuan BOS berbeda antara SD dan SMP.SLTA.untuk SD sebesar Rp.900.000.- untuk satuan siswa.

Berikut komponen penggunaan dana BOS yang dilansir dari laman BOS Kemdikbud.

Dana BOS Reguler
Dana BOS ini diberikan untuk kebutuhan operasional pada satuan pendidikan. Beberapa keperluan yang dapat menggunakan dana BOS Reguler diantaranya pembelian alat multimedia, pembiayaan penerimaan mahasiswa baru dan pemeliharaan sarana dan prasarana.
Komponen Penggunaan Dana Operasional Sekolah

Sejak diluncurkan kebijakan dana operasional sekolah pada tahun 2020, penggunaan dana untuk satuan pendidikan tidak memiliki batasan alokasi. Dana tersebut dapat digunakan untuk membeli buku ataupun peralatan multimedia.

SD/SDLB/SMP/SMPLB
Penerimaan peserta didik baru
Kegiatan belajar mengajar
Kegiatan ekstrakurikuler
Evaluasi pembelajaran
Pengembangan perpustakaan
Pengelolaan sekolah
Pembelian dan perawatan alat multimedia
Pembayaran honor tenaga kerja.Perawatan sekolah
Langganan daya dan jasa,
Pengembangan profesi.

Melihat keadaan SDN Kalisangka 2, yang dikepulauan setelah di kangean menyeberangi lagi lautan bisa dikategorikan 3T.

Sebagaimana dilansir oleh beberapa media pada tanggal 06 Maret 2022, Kepsek Kalisangka H .Fatah, diduga kuat salahgunakan dana BOS.

( toha)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *