PT Sumekar digeledah Kejari Sumenep, Ketua KWK Apresiasi

SUMENEP, kwknews.id – Team Kejaksaan Negeri (Kejari) Sumenep, dikabarkan  telah melakukan penggeledahan di Kantor PT Sumekar Jalan Trunojoyo, Kota Sumenep, Hari Rabu (19/10/2022).

Baca juga : Ketua KWK Apresiasi atas Dinaikkanya Status Pengusutan Kasus Ijazah pada Pilkades Kangayan Sumenep

Terkait penggeladahan Kantor PT Sumekar tersebut  seiring  ditingkatkannya status perkara kasus PT Sumekar Line menjadi penyidikan.

Tim Kejaksaan( 19/10/2022)
Tim Kejaksaan( 19/10/2022)

Menurut Novan, ratusan dokumen atau berkas penting tersebut, diduga terkait dugaan kasus korupsi pengadaan atau pembelian kapal seharga Rp 8 miliar yang saat ini sedang ditanganinya.

“Sekitar itu (ratusan berkas,red), ini belum dijumlah. Ini masih dilakukan pemetaan (dokumen) yang asli. Nanti kita (hitung) di kantor,” kata Novan Bernadi, pada sejumlah media di Kantor PT Sumekar.

Dikatakan, penyitaan berkas tersebut dilakukan berdasarkan surat keputusan dari Pengadilan Negeri (PN) Sumenep. “Dokumen yang kami sita fokus pada pengadaan kapal. Misalnya, dari mana, berapa besaran anggarannya dan apa digunakan sesuai peruntukannya atau tidak?” terang Novan.

Hasil penyitaan dokumen ini akan memperjelas soal wujud kapal ada dan tidaknya. Sebab sesuai audit Kejari Sumenep, pengadaan kapal tersebut berpotensi merugikan Negara sebesar diatas Rp 8 miliar

Sementara itu, Direktur Utama PT Sumekar Syaiful Bahri mengaku telah memberikan semua dokumen yang diperlukan oleh tim Kejari Sumenep. “Kami telah menandatangi apa saja yang dibawa oleh Kejaksaan untuk memperjelas masalah ini,” katanya.

Sebenarnya, kata dia, sejumlah dokumen penting tentang pengadaan kapal telah diserahkan ke Kajari Sumenep. Hanya saja yang diserahkan sebelumnya itu masih berupa foto copy bukan aslinya. “Pihak Kejaksaan meminta yang asli, kami sudah sajikan yang asli tadi,” terang dia.

Terkait Penggeledahan oleh Team Kejaksaan Sumenep, Ketua KWK H.Safiudin, SH.,MH, memberikan komentar bahwa penggeledahan tersebut adalah untuk melengkapi bukti -bukti untuk memberikan keyakinan  penyidik menentukan sikap terkait siapa pihak yang bertanggungjawab.

Ditanya tentang apakah mungkin sudah ada calon tersangka, piu pangilan H. Safiudin, SH., MH yang juga Ketua Lembaga Perlindungan konsumen dan Kebijakan publik ini, menegaskan bahwa ia yakin dalam waktu dekat sudah ada tersangkanya. “Saya yakin akan segera ada tersangkanya, saya paham track recors bapak Kajari Trimo” Ujarnya.

Penggeledahan tersebut dilakukan oleh 9 orang dari tim Kejaksaan Negeri (Kejari) Sumenep yang dipimpin langsung Kasi Intel Novan Bernadi dan Kasi Pidsus Dony Suryahadi Kusuma Kejari setempat. Yerkai kasus Pembelian Kapal Ghoib.

Sebelum melakulan penggeledahan tim menyerahkan surat penggeledahan terlebih dahulu yang dimulai sejak pukul 13.20 Wib dengan memasuki ruangan Direktur PT Sumekar.

Pasca Penggeledahan dilakukan dengan memeriksa sebagian ruangan yang diduga jadi tempat penyimpanan berkas, Disita ratusan dokumen PT Sumekar oleh Kejaksaan Negeri Sumenep.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *