Refleksi Diri, Renungan Tahun Baru

Oleh : H.Safiudin ( Ketua KWK )

Tak lama lagi 2022 akan kita tinggalkan, Tahun penuh dinamika, tahun penuh tantangan, sekaligus penuh berkah, berkah umur, berkah kesehatan, berkah pertemanan, berkah rizqi. Apapun dinamika di tahun 2022 kita tetap harus menyambut tahun baru 2023 dengan optimis dan yakin bahwa tahun depan segalanya akan lebih baik dari tahun kemarin, karena sejatinya kita akan merugi jika kehidupan kemarin sama dengan hari ini, apalagi lebih buruk, sebagaimana hadis..

“Barangsiapa yang dua harinya (hari ini dan kemarin) sama maka ia telah merugi, barangsiapa yang harinya lebih jelek dari hari sebelumnya, maka ia tergolong orang-orang yang terlaknatā€

Pergantian tahun sejatinya menjadi momentum yang tepat untuk merenungi hal-hal yang telah kita lewati sepanjang tahun kemarin, serta memproyeksikan diri setidaknya untuk setahun kedepan.

Kita tidak tahu kehidupan kedepan seperti apa, hanya Allah yang Maha pengatur kehidupan yang tahu, namun kita tetap ikhtiar dan berdo’a dituntunkan kepada yang lebih baik, lebih bermanfaat.

Kehidupan kedepan tentu tidak makin mudah, ada berbagai tantangan dan rintangan serta kesulitan yang akan mewarnai dan menantinya.

Apapun yang akan terjadi, kita tetap harus optimis dan berharap kebaikan, untuk merefleksikan semua pengalaman kehidupan kita lebih berharga adalah : berubahlah ( berhijrahlah ).

Kata kuncinya adalah : Menikmati dan Mengisi Waktu dengan tepat, tentu pilihan tepat dan bijak

Ada sebuah kalimat indah yang berbunyi: *”Learn from yesterday, Live for today, and Hope for tomorrow ( Belajarlah dari hari kemarin, hiduplah di hari ini, dan milikilah pengharapan untuk hari esok )

Di setiap kehidupan senantiasa disertai dinamika penuh tantangan, pengorbanan, bahkan kadang penistaan. Tapi ketahuilah, bahwa semua itu tidak ada yang sia-sia dengan hari yang telah kita lalui, jika kita mau belajar darinya, dan dengan semangat dan pengharapan yang penuh, marilah kita menyongsong hari depan, dengan meyakini bahwa Allah dengan kasih dan sayangnya akan selalu melindungi dan menuntun kita penuh hidayah.

Di hari baru, lembaran baru ini kita harus siap membuat sebuah ,.komitmen baru yang tegas, teguh, dan abadi sampai di penghujung tahun nanti. penuh dengan keyakinan dan optimisme, semoga segala rencana yang telah direncakan diberi kemudahan dalam pelaksanaannya sehingga dapat berjalan sesuai dengan ekspektasi dan juga target menjadi lebih baik dari tahun sebelumnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *